Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Upload Image Mikrotik di Eve-NG dengan mudah (2)

Salam Sehat, kali ini saya akan melanjutkan tutorial Cara menambah image Mikrotik di Eve-NG , di awal saya sudah jelaskan bagaimana Cara Install EVE-Ng di atas VMware Wokrstation . Jika belum tau baeknya baca dulu link berikut ini. 

Adapun tahapannya adalah: 
  • Download Mikrotik Cloud Router atau CHR dengan tipe image chr-6.40.4.img.zip pada link Mikrotik yang sudah saya sediakan di atas , silahkan download versi terbaru .
Berikut link mikrotik nya https://mikrotik.com/download lalu pilih Cloud Hoster Router (CHR),  pilih Raw Disk Image, dan piih versi terbaru.ketika  itu saya  pilih yg  6.46.6 (Stable).

    Setelah selsai donload, extract filenya akan berupa Extension .img
  • Login ke Server (VM EVE-Ng) menggunakan SSH dan jalan perintah berikut untuk membuat folder Mikrotik , untuk nama folder dengan perintah sbb: mkdir /opt/unetlab/addons/qemu/mikrotik-6.46.6/
  • Setelah itu kira ketikan perintah untuk fix permission pada file tersebut : /opt/unetlab/wrappers/unl_wrapper -a fixpermissions

  • Upload file .img yang sudah di download dari Mikrotik ke folder: /opt/unetlab/addons/qemu/mikrotik-6.40.4/ dengan menggunakan sofware winSCP.



  • Pastikan masih berada pada folder yg sebelumnya kita buat, di  folder bernama /opt/unetlab/addons/qemu/mikrotik-6.40.4/
  • Selanjutnya kita rubah format file .img yang kita download di Mikrotik dengan perintah berikut ini : mv chr-6.40.4.img hda.qcow2

Samapai taha ini untuk uupload image Mikrotik di EVE-Ng dah selesai. 


2. Menambah  Mikrotik Devices

Saatnya menambahkan Mikrotik Devices ke dalam topologi yang ingin kita buat , pertama masuk ke browser dengan mengakses IP Server Eve-Ng di browser maka akan tampil seperti gambar berikut ini , jangan lupa buat LAB baru sesuai gambar berikut ini .

Buka Chrome Browser, lalu ketik IP dari VM EVE-Ng http://192.168.0.103/ 


    Menambah LAB Mikrotik, dengan cara klik icon nomor 2 dari seblh kiri.

    
    Masukan nama lab yang ingin kita buat sesuai kebutuhan.   

    Setelah kita buat otomatis akan masuk di LAB tersebut , selanjutnya bisa kita pilih Add Object misalnya seperti Mikrotik untuk dimasukan kedalam lab kita .

Caranya, Padamenu pojok kiri atas, klik tanda + Add an Object.




Ahirnya berhasil, Success!!!
Sekarang kita sudah bisa mengakses mikrotik kita untuk nge-LAB.


























Posting Komentar untuk "Cara Upload Image Mikrotik di Eve-NG dengan mudah (2)"